Senin, 26 Oktober 2020

Survei Mawas Diri ( SMD ) dan Musyawarah Masyarakat Desa. ( MMD ) pada upaya kesehatan berbasis masyarakat.

Dalam pelaksanaan kegiatan UKBM, perlu dilakukan Survei Mawas Diri atau SMD pada masyarakat desa sebagai upaya panitia pelaksana kegatan dalam pengenalan kondisi lingkungan desa dan keaadan masyarakat, terutama yang terkait dengan bidang kesehatan atau risiko kesehatan. Biasanya hal ini dilakukan oleh fasilitator/kader kesehatan desa bersama perwakilan warga.

Tujuan dilakukan SMD dan MMD adalah agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi, masyarakat mampu mengenal sehingga dapat memberikan bahan acuan/masukan dan pertimbangan dalam penyusunan Rencana Usulan Kegiatan Upaya Kesehatan Gigi Masyarakat.

 SMD 

Pada Survei Mawas Diri yang saya laksanakan, pengumpulan data diambil dengan cara daring dikarenakan keterbatasan waktu dari masyarakat sebagai responden survei. kegiatan survei yang dilakukan yaitu pengisian kuesioner melalui google form yang berkaitan dengan data individu, aspek perilaku kesehatan gigi dan mulut masyarakat, keadaan lingkungan, fasilitas pelayanan kesehatan, serta kondisi kesehatan gigi dan mulut masyarakat yang dilakukan secara langsung. Responden yang diambil sebanyak 20 orang dari 10 KK , dengan kriteria inklusi adalah masyarakat RT 05/RW 01 Desa Mulyoharjo, Tegal.

Setelah dilakukan survei, didapatkan hasil data-data dari masyarakat yang kemudian diolah dan dianalisis. didapatkan hasil rata-rata pengetahuan masyarakat masyarakat terkait cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan kriteria sedang. namun pada sikap dan tindakan masyarakat untuk melakukan masih buruk. Hal ini dikarenakan kurangnya promosi pentingnya kesehatan gigi dan mulut oleh tenaga kesehatan setempat pada masyarakat desa.

MMD

Berdasarkan hasil Survei Mawas Diri, dilakukan Musyawarah Masyarakat Desa dengan tujuan memaparkan hasil survei dengan prioritas masalah yang ada di desa untuk mendapatkan alternatif jalan keluar yang disetjui bersama. 

Pada pelaksanaan MMD, dilakukan secara virtual melalui video call dikarenakan sulitnya menetapkan waktu pertemuan musyawarah yang bersamaan serta


Contoh Media Penyuluhan Pemberdayaan masyarakat klik disini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isu Strategis Dalam Percepatan Pembangunan Kesehatan

  Isu Strategis Dalam Percepatan Pembangunan Kesehatan Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad., (K). RI., saat...