Selasa, 20 Oktober 2020

KEGIATAN UKBM DISAAT PANDEMI COVID19 OLEH MAHASISWA POLTEKKES SEMARANG DI DESA MULYOHARJO RT.05/RW.01 KAB. TEGAL JAWA TENGAH

 


A.    Latar Belakang

Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) merupakan salah satu program kesehatan yang menjadi ujung tombak pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama dalam hal-hal promotif dan preventif, seperti posyandu balita, posyandu lansia, posbindu, dan lainnya. UKBM menggunakan konsep pengelolaan dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Dengan konsep tersebut diharapkan pelayanan kesehatan semakin dekat dirasakan oleh masyarakat. Namun, sering kali kegiatan UKBM belum terlaksana secara optimal. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan kegiatan berjalan kurang optimal misalnya, pelayanan yang tersedia kurang lengkap, antusiasme masyarakat kurang dll

Mengingat hasil RISKESDAS tahun 2013 tentang kesehatan gigi dan mulut, Permasalahan masyarakat indonesia dalam hal gigi dan mulut adalah sebesar 1–35 %. Yang memiliki kerusakan gigi 28.4-29.2% adalah yang berprofesi sebagai pegawai dan petani  yang paling tinggi kerusakan gigi adalah orang yang berumur 35-44 tahun dengan prosentase 30.5%.sedangkan dalam pengobatan ke klinik gigi sangat minim sekali tidak ada yang kurang dari 11.3%.

Berdasarkan uraian tersebut maka upaya kesehatan bersumber masyarakat dalam ranah kesehatan gigi dan mulut sangat perlu diselenggarakan di kelurahan Mulyoharjo yang merupakan wilayah dengan keluhan kesehatan gigi dan mulut cukup tinggi. Kegiatan yang akan diselenggarakan berupa edukasi, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat yakni masyarakat sekolah dan masyarakat umum. Adapun bentuk pemberdayaan individu, keluarga dan masyarakat secara keseluruhan. Demi kelancaran kegiatan ini maka diharapkan persetujuan dan dukungan dari pihak-pihak terkait yang turut bertanggung jawab menggiatkan kehidupan bangsa yang berbasis kesehatan.

 

B.     Tujuan

a)    Kegiatan Pemberdayaan ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat kelurahan Mulyoharjo.

b)   Menanamkan kebiasaan perilaku hidup sehat pada masyarakat umum  kelurahan Mulyoharjo.

c)    Memberikan pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan gigi yang baik dan benar.

d)   Sasaran dapat melakukan tindakan menggosok gigi dengan baik dan benar.

e)    Sasaran dapat mengajak keluarga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

f)    Sasaran dapat meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut keluarga

 

C.     Nama dan Sasaran Kegiatan

Nama kegiatan : Pemberdayaan masyarakat pada warga RT.05/RW.01 Desa Mulyoharjo kec.Pagerbarang Kab. Tegal.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa Poltekkes jurusan Keperawatan Gigi Semarang dengan sasaran 10 kk warga kelurahan Mulyoharjo RT.05/RW.01.

D.    Waktu Pelaksanaan

Kegiatan kan diselenggarakan pada tanggal 13 s.d 14 Oktober 2020 bertempat di wilayah kelurahan Mulyoharjo, Tegal, meliputi :

1.        Kediaman ketua RW 01 dan Kediaman ketua RT 05 desa Mulyoharjo

2.        Rumah Warga sekitar.

 

E.     Tahap- Tahap Kegiatan

1.      Tahap Persiapan Mahasiswa

a.       Mengikuti Pengarahan

Tahap persiapan awal untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini kami sebagai mahasiswa poltekkes semarang mengikuti pengarahan dulu oleh pembimbing praktek PKL melalui virtual dengan zoom meeting.

b.      Penyusunan Rencana Kegiatan

kami bersama tim melakukan diskusi bersama untuk melakukan penyusunan rencana kegiatan yang akan dilakukan didesa masing-masing serta membahas target sasaran yang diambil dari 10 kk.

c.       Persiapan bahan,materi , sarana dan pendukung lapangan.

Disini kami melakukan diskusi kelompok untuk menentukan instrument yang pas untuk diaplikasikan ke desa khususnya ke masyarakat umum. Instrument yang kita ambil berbentuk kuesioner dengan ceklis, kenapa kita mengambil instrument itu dengn bentuk ceklis ? karena disini yang kita sasarkan adalah masyarakat umum yang belum paham betul ttg kesehatan gigi, jadi untuk mempermudah mereka menjawab harus diberikan pilihan untuk meyakinkan jawaban mereka serta disetiap pertanyaan harus dipertegas supaya pertanyaan tersebut mewakilkan tentang pengetahuan, sikap dan tindakan mengenai kesehatan gigi mereka.

Materi yang kami ambil tentang kebersihan gigi dan mulut, penyakit gigi dan mulut, makanan yang baik dan buruk untuk kesehatan gigi serta bahaya merokok untuk kesehatan gigi.

Pendukung kegiatan lapangan kami yaitu Dosen pembimbing kelompok ,Ketua RT/RW didesa mulyoharjo , Tenaga kesehatan setempat dan Kepala desa.

2.      Tahap Pelaksanaan

a.       Melakukan advokasi  ke ketua RT

Setelah menentukan sasaranya yaitu 10kk ,kami melakukan advokasi ke ketua RT setempat untuk meminta izin melakukan kegiatan pemberdayaan didesa mulyoharjo ini.

b.      Mahasiswa melakukan survei ke masyarakat diwilayah tempat tinggal mahasiswa masing-masing dari lingkungan 1 RT atau minimal 1 dasawisma.

Disini kami survey ke masyarakat bertujuan untuk mengetahui pengetahuan,sikap dan tindakan masyarakat tentang kesehatan gigi mereka dan instrument yang kita pakai yaitu kuesioner. Kita terjun ke masyarakat banyak masyarakat yang belum mau untuk diperiksa giginya alasanya gigi mereka kotor, malu dan takut sama alatnya setelah mengetahui itu semua saya melakukan cara lain untuk mengetahui kebersihan gigi mereka yaitu untuk golongan usia lanjut saya berikan pemahaman lebih detail lagi ttg pentingnya menjaga kebersihan gigi dan akibat tidak pernah membersihakan gigi. Setelah diberi pengertian mereka akhirnya mau untuk diperiksa giginya bahkan ada yang mau giginya dibersihin karena banyak karang giginya. Dan untuk golongan anak-anak cara nya dengan memberikan sikat gigi dan pasta gigi gratis untuk  mereka sehingga mereka mau untuk membuka mulut untuk diperiksa.

c.       Dari wilayah tempat tinggal mahasiswa dicari masalah-masalah yang ada, didiskusikan dengan kader kesehatan setempat, dan ditentukan prioritas masalahnya dengan metode kuantitatif.

Setelah melakukan survey dan mendapatkan data hasil survey, kami melakukan pengolahan data untuk mengetahui prioritas masalah apa yang akan kita selesaikan untuk melakukan implementesi yang pas sesuai maslahnya. Dan untuk melakuan diskusi kita melakukan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) dengan Ketua RT desa mulyoharjo dan mendapatkan solusi yang pas sesuai kesimpulan  dari mmd nya.

d.      Setelah ditemukan penyebab masalah, mahasiswa menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah.

e.       Mahasiswa melakukan presentasi proposal dengan pembimbing praktek secara kelompok.

f.       Mahasiswa melakukan pemberdayaan masyarakat diwilayah tempat tinggal mahasiswa masing-masing dari lingkungan 1 RT atau minimal 1 dasawisma.

g.      Mahasiswa menyusun laporan pemberdayaan masyarakat.

h.      Mahasiswa melakukan presentasi laporan dengan pembimbing praktek secara kelompok.

F.      Kesimpulan

Demikian perencanaan program ini disusun sebagai pedoman bagi pelaksanaan UKBM, Partisipasi dari berbagai pihak yang dapat mendukung terselenggaranya kegiatan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat di wilayah kelurahan Mulyoharjo, Tegal. Kita semua menginginkan dengan sungguh-sungguh, agar penyelenggaraan upaya kesehatan bersumber masyarakat ini dapat berjalan dengan lancar dan aman sesuai rencana. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati langkah-langkah kita. Amin.


Advokasi Kegiatan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat. Klik disini

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isu Strategis Dalam Percepatan Pembangunan Kesehatan

  Isu Strategis Dalam Percepatan Pembangunan Kesehatan Menteri Kesehatan RI Letjen (Purn) dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad., (K). RI., saat...